w3c201 

1

Pengadilan Tinggi Agama Medan melaksanakan Rapat koordinasi pada tanggal 7 sampai dengan tanggal 9 Maret 2021. Kegiatan  dilaksanakan di Aula Lantai II Hotel Madani Jl. SM. Raja Medan. Peserta Rakor adalah seluruh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama di Sumatera Utara serta Pejabat Struktural Pegadilan Tinggi Agama Medan berjumlah 88 orang. Peserta dibagi dalam 4 Komisi, yaitu Komisi A Bidang Teknis Yustisial, Komisi B Bidang Pengawasan dan Pengaduan, Komisi C Bidang Administrasi Kepaniteraan dan Komisi D Bidang Administrasi Kesekretariatan. Kegiatan ini dibiayai dengan DIPA masing masing satker.

2

Kegiatan  dilaksanakan dengan menerapkan  protokol kesehatan Covid-19. Acara dibuka tepat jam 8.00 Wib. Bertindak sebagai Pembawa acara Ade Laida Rangkuti, Laporan Panitia  disampaikan oleh Ketua Panitia Hilman Lubis, S.H., M.H. dan doa dipimpin oleh Mhd. Yasir Nasution (Panitera Pengadilan Agama Medan).

Acara dibuka oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Yang Mulia (H. Abd. Hamid Pulungan)  yang dalam sambutannya menyampaikan agar rakor ini nantinya  dapat meraih berbagai prestasi, bersama sama akan kita  wujudkan tahun 2021 sebagai  tahun penuh prestasi.

2

Saat ini yang diperlukan adalah prestasi kerja, oleh sebab itu kita berbuat mencari prestasi di lingkungan kerja kita masing-masing. PA. Pandan walaupun belum prototype tetapi sudah berbuat dengan baik, Ada PA. Stabat, PA. Lubuk Pakam yang menciptakan berbagai kemajuan untuk pelayanan masyarakat.

PA Kisaran sedang membangun PTSP hal ini akan membuat nyaman ruangan PTSP nya nanti. Kita ingin menjadikan PA Se Sumatera Utara menjadi Pengadilan Modern berbasis aplikasi,  yang telah dibuat diantaranya adalah aplikasi cuti online, izin keluar kantor dan sebagainya. Fungsi kita memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan baik yang konsultasi, yang mengajukan perkara dan sebagainya. Pengadilan Agama di Sumatera Utara  harus berikan pelayanan yang terbaik.

Kita tidak ingin lagi masyarakat protes terhadap pelayanan pengadilan yang kurang baik, berikan pelayanan 5 S. Kita berharap kekompakan dan kemajuan terwujud di seluruh Pengadilan Agama yang ada di Wilayah Sumatera Utara. Diharapkan Rakor ini memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan PTA Medan dan Pengadilan Agama di Sumatera Utara. KPTA Medan selesai memberikan kata sambutan dilanjutkan membuka  secara resmi Rakor Sewilayah PTA Medan Tahun 2021. (Zhr)

1

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada prinsipnya merupakan laporan yang wajib disampaikan oleh penyelenggara Negara mengenai harta kekayaan yang dimilikinya saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi dan pensiun. Kewajiban lain yang menyertai LHKPN adalah mengumumkan harta kekayaan dan bersedia dilakukan pemeriksaan terhadap kekayaannya.

LHKPN tersebut disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan Pasal 10 s.d. 19 Undang-Undang Nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan Negara yang bersih dari korupsi jo pasal 71 ayat (2) Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang komisi pemberantasan Korupsi.

Sejalan dengan ketentuan di atas, maka Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan menginstruksikan semua penyelenggara negara di PTA Medan dan PA sewilayah PTA Medan untuk menginput dan mengirim LHKPN tersebut paling lambat tanggal 26 Februari 2021. Selain menginstruksikan mengirim LHKPN, H. Abd. Hamid Pulungan juga meminta ASN untuk mengirim LHKASN yaitu laporan harta kekayaan bagi ASN. Hal ini sangat penting agar terpenuhi salah satu syarat dalam pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) tahun 2021.

“Saya instruksikan semua penyelenggara negara dan ASN di PTA Medan dan PA sewilayah PTA Medan untuk mengirim LHKPN dan LHKASN tahun 2020 paling lambat tanggal 26 Februari 2021,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

“Pengiriman LHKPN harus dimonitor agar tidak terdapat kesalahan sampai diumumkan oleh KPK,” pinta H. Abd. Hamid Pulungan.

LHKPN yang telah diumumkan KPK dan LHKASN tersebut diinput pada Sikep Mahkamah Agung RI sebagai bukti telah selesai mengirim LHKPN tahun 2020. Oleh sebab itu, tambah H. Abd. Hamid Pulungan, admin LHKPN dan LHKASN di setiap PA harus memastikan bahwa kedua dokumen tersebut telah lengkap dan e-docnya di input pada Sikep MA.

2

PA Kabanjahe yang merupakan salah satu PA dalam wilayah PTA Medan rupanya tanggap dan sigap dalam menyahuti instruksi Ketua PTA Medan. Tidak sampai akhir bulan Februari 2021 sebagaimana dalam instruksi, ternyata LHKPN dan LHKASN pada hari ini Selasa (2/2) telah lengkap dan sudah diinput pada Sikep MA.

“Alhamdulillah, PA Kabanjahe telah selesai menginput LHKPN dan LHKASN di Sikep MA,” ujar Ketua PA Kabanjahe Evawaty yang dipostingnya di grup WA.

Apa yang dilaporkan oleh Evawaty tersebut disambut baik oleh Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan. Dirinya memberikan apresiasi dan memuji kinerja yang ditunjukkan PA Kabanjahe dalam menyikapi instruksinya tersebut.

“Luar biasa PA Kabanjahe yang telah 100% menginput LHKPN dan LHKASN pada Sikep MA semoga PA yang lain segera menyusul,” puji H. Abd. Hamid Pulungan. (ahp)

1

Pada hari Jum’at (29/01) PTA Medan menggelar perpisahan dengan hakim tinggi H. Asep Saefudin dan ASN yang mutasi promosi Muhammad Adlin. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, H. Saefudin mutasi sebagai hakim tinggi PTA Bandung. Sementara Muhammad Adlin mutasi promosi menjadi Kasubbag Kepagawaian dan Organisasi Tata Laksana PA Simalungun.

Hadir dalam perpisahan tersebut Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Zulkarnain, hakim tinggi, pejabat struktural serta fungsional dan PPNPN.

Dalam kesan dan pesannya, H. Saefudin mengucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini dengan seluruh hakim tinggi dan aparatur lainnya. Menurutnya, ia sangat terkesan selama bertugas di PTA Medan karena orangnya ramah-ramah dan bekerja disiplin sehingga tugas dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

“Saya merasa senang bertugas di PTA Medan ini karena selama bertugas di sini saya menemukan teman-teman yang ramah dan pekerja keras sehingga tugas pun dapat diselesaikan tepat waktu,” kata H. Saefudin memuji.

“Namun karena SK mutasi telah diterima, maka saya akan berangkat ke tempat yang baru yaitu PTA Bandung, mohon doa supaya saya sukses,” pinta H. Saefudin.

Sementara itu, Muhammad Adlin yang akan segera menempati pos baru menjadi Kasubbag Kepagawaian dan Organisasi Tata Laksana PA Simalungun menyampaikan terima kasih kepada pimpinan PTA Medan yang telah membimbingnya selama bertugas. Dirinya mohon doa agar sukses di tempat yang baru yaitu PA Simalungun yang sekaligus tempat kelahirannya.

“Terima kasih kepada pimpinan PTA Medan yang telah membimbing saya selama ini dan saya dipromosikan menjadi Kasubbag Kepagawaian dan Organisasi Tata Laksana PA Simalungun,” urai Muhammad Adlin yang didampingi istri tercinta.

“Sekalipun saya mutasi ke PA Simalungun, saya tetap mohon bimbingan agar saya dapat melaksanakan tugas dengan baik,” harapnya lagi.

Di sisi lain, H. Misran yang didaulat menyampaikan kesan dan pesan, dirinya mengucapkan selamat dan sukses kepada H. Saefudin yang mutasi menjadi hakim tinggi PTA Bandung yaitu ke daerah sendiri. “Semoga Pak Saefudin sehat dan sukses di PTA Bandung. Selamat berkumpul dengan keluarga,” kata H. Misran yang mantan Ketua PA Medan ini.

“Kepada Muhammad Adlin, saya ucapkan selamat mendapat promosi jabatan dengan harapan semoga dapat melaksanakan amanah dengan baik,” tandas H. Misran.

2

Di akhir acara perpisahan dibarengi dengan pemberian cindra mata kepada yang mutasi dan foto bersama. (ahp)

1

Pada hari Jum’at (29/01) PTA Medan menggelar pelantikan 2 (dua) orang pejabat fungsional yaitu Joko Suseno, S. Kom sebagai Pranata Komputer dan T. Novia Rahmah Masyithah, S.H. sebagai Analis Kepegawaian. Hadir pada pelantikan tersebut Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan, Wakil Ketua H. Zulkarnain, hakim tinggi, pejabat struktural serta fungsional dan PPNPN.

Sebelumnya, Joko Suseno adalah staf Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, sedangkan T. Novia Rahmah Masyithah adalah staf Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi. 

4

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan dalam amanatnya menyampaikan bahwa jabatan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan akan dipertanggung-jawabkan. Oleh sebab itu, katanya lagi, agar pejabat yang baru dilantik dan diambil sumpahnya supaya bekerja dengan baik dan menjalin kerja sama yang harmonis dengan pejabat yang lain.

2

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada Joko dan Novi yang telah dilantik menjadi pejabat fungsional. Saya harap supaya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” kata H. Abd. Hamid Pulungan berpesan.

“Jabatan adalah amanah dan harus dipertanggung-jawabkan, oleh sebab itu laksanakanlah amanah itu dengan jujur, ikhlas dan kerja keras,” tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Sementara itu, Joko Suseno menyampaikan terima kasih kepada pimpinan yang telah memberi amanah kepadanya dalam jabatan Pranata Komputer. Dirinya berjanji akan melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya dengan sebaik-baiknya.

“Mohon doanya semoga saya dapat melaksanakan amanah jabatan ini dengan baik untuk kemajuan PTA Medan,” kata Joko tersenyum.

Hal yang sama disampaikan oleh Novi. Menurutnya, dirinya patut bersyukur dengan jabatan baru yang diembannya. Oleh karena itu, sambung Novi, dirinya akan melaksanakan kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan meningkatkan kinerja yang menjadi tanggung-jawabnya.

“Alhamdulillah, saya diberikan amanah untuk menangani bagian kepegawaian. Saya berjanji akan melaksanakan tugas tersebut dengan penuh tanggung-jawab,” urai Novi.

3

“Mohon doa, semoga saya dapat melaksanakan tugas sebagai Analis Kepegawaian dengan sukses,” harap Novi. (ahp)

1

Ketua PTA Medan H. Abd. Hamid Pulungan melakukan kunjungan kerja sekaligus memberikan pembinaan di PA Rantauprapat pada hari Selasa  (26/01). Dalam kunjungannya kali ini, H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan beberapa hal supaya PA Rantauprapat semakin baik dan maju.

Pertama, agar PA Rantauprapat melakukan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK). Hal ini didasarkan kepada surat Dirjen Badilag MA RI Nomor 204/DjA/KS.00/I/2021 tanggal 19 Januari 2021. Dalam surat yang ditandatangani oleh Dirjen Badilag H. Aco Nur tersebut meminta kepada PTA seluruh Indonesia untuk membentuk tim pendampingan zona integritas di wilayah masing-masing. Selain itu, tim yang telah dibentuk tersebut supaya melaksanakan pendampingan secara rutin, baik dilakukan secara fisik maupun secara daring.

“Saya minta agar PA Rantauprapat ikut dalam pembangunan zona integritas menuju WBK tahun 2021 ini oleh Kementerian PAN & RB,” kata H. Abd. Hamid Pulungan berpesan. Hal ini disampaikannya kepada  Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan aparatur lainnya di PA Rantauprapat yang berlangsung di ruang sidang II.

3

“Lakukan upaya-upaya yang sungguh-sungguh agar tahun 2021 ini PA Rantauprapat meraih WBK, tandas H. Abd. Hamid Pulungan.

Kedua, supaya PA Rantauprapat mempertahankan prestasi yang diraih selama ini antara lain tentang kinerja triwulan dan SIPP. Pada penilaian kinerja triwulan III yang lalu, PA Rantauprapat menempati peringkat 5 dengan nilai 75,37. H. Abd. Hamid Pulungan meminta agar PA Rantauprapat meningkatkan nilai dan peringkat kinerja triwulan yang ditorehkan tersebut.

“Saya harap peringkat kinerja triwulan III yang lalu dapat diperbaiki pada triwulan IV misalnya menjadi peringkat 3,” tandasnya berpesan.

Ketiga, supaya PA Rantauprapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan. Sekaitan dengan pelayanan ini, H. Abd. Hamid Pulungan berpesan agar PA Rantauprapat melakukan upaya yang sungguh-sungguh supaya masyarakat merasa terlayani dengan sebaik-baiknya. Dirinya berharap PA Rantauprapat membuat inovasi yang memudahkan masyarakat mengakses pelayanan termasuk pelayanan bagi disabilitas.

“Buatlah inovasi dan kreasi agar masyarakat semakin mudah mengakses pelayanan di PA Rantauprapat ini,” pungkas H. Abd. Hamid Pulungan.

3

Dalam kunjungannya di PA Rantauprapat, H. Abd. Hamid Pulungan menyempatkan diri melihat bagian kepaniteraan dan bagian kesekretariatan. Sesekali, H. Abd. Hamid Pulungan memberikan arahan agar kinerja semakin baik supaya PA Rantauprapat  menorehkan berbagai prestasi. (ahp)

  • 001uc-selamat.jpg
  • 002uc-selamat.jpg
  • 003uc-selamat.jpg
  • 004uc-selamat.jpg
  • 005uc-selamat.jpg
  • 006uc-selamat.jpg
  • 007uc-selamat.jpg
  • 008uc-selamat.jpg
  • 009uc-selamat.jpg
  • 010uc-selamat.jpg
  • 011uc-selamat.jpg
  • 012uc-selamat.png
  • 013uc-selamat.png
  • 014uc-selamat.png
  • 015uc-selamat.png
  • 016uc-selamat.png
  • 017uc-selamat.png
  • 018uc-selamat.png
  • 019uc-selamat.jpg
  • 020uc-selamat.png